TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG KE "PRO EDUKASI"

23 Agustus 2020

DI BALIK LAYAR PERSIAPAN MPLS DARING

Oleh: Yuliyanto
(10 Juli 2020)


Tahun pelajaran baru 2020/2021 segera akan diawali pada Senin, 13 Juli 2020. Bagi siswa baru di jenjang pendidikan dasar dan menengah, kegiatan tersebut aakan diawali dengan kegiatan pengenalan terhadap seluk beluk yang terdapat di sekolah baru dalam format kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Hal ini sesuai dengan amanat Permendikbud nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

Sumber: Dokumen pribadi

Inti dari kegiatan MPLS bagi siswa baru adalah untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Hal ini dengan tujuan agar siswa baru, yang sedang mengalami masa peralihan dari jenjang sekolah sebelumnya ke jenjang berikutnya dapat segera menyesuiakan diri dengan lingkungan sekolah barunya. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa baru dapat mengenali dan memahami pola interaksi antarsiswa dan seluruh warga sekolah. Dengan kondisi ini harapannya siswa dapat secara optimal mengembangkan dirinya melalui pendidikan yang akan ditempuhnya di sekolah tersebut.

Hal yang berbeda dari kegiatan serupa di awal tahun pelajaran ini adalah pola pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19 yang mengharuskan kita semua untuk tetap ikut serta berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan penyebaran virus tersebut. Oleh karenanya pelaksanaan MPLS di awal tahun pelajaran 2020/2021 ini akan dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Hal baru yang pernah belum terjadi sebelumnya di dalam situasi normal. Tentu saja hal ini memerlukan kreativitas dari panitia sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah dan lingkungannya agar tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai.

Hampir semua sekolah saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan daya dukung di masing-masing sekolah. Beberapa sekolah yang memiliki daya dukung cukup di semua sektor merencanakan kegiatan ini dalam format live event. Tidak sedikit sekolah yang merencanakannya tidak dengan cara tersebut, tetapi menggunakan tayangan dalam format video yang akan disaksikan oleh seluruh siswa baru dalam rangka mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Bagi sekolah yang merencanakan kegiatan tersebut dalam format tayangan video, hari-hari dalam minggu ini sudah mulai menyiapkan video pelaksanaan pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan ini melibatkan beberap unsur terkait, seperti komite sekolah, perwakilan siswa dan / atau orang tua/wali siswa. Hal ini merupakan perwujudan dari kolaborasi antar komponen tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan. Rangkaian acara dalam sesi ini intinya adalah penyerahan siswa dari orang tua (yang diwakili oleh komite sekolah) kepada pihak sekolah, dan penerimaan oleh pihak sekolah serta pembukaan secara resmi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah.

Peran perwakilan siswa dalam acara pembukaan tersebut yaitu pada acara penyematan tanda peserta MPLS sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut. Seperti pada upacara pembukaan dalam situasi normal, di akhir upacara pembukaan, perwakilan siswa yang ditunjuk menyiapkan diri untuk menerima penyematan tanda peserta dari kepala sekolah. Walaupun pelaksanaan kegiatan ini tidak melibatkan banyak peserta seperti dalam situasi normal, namun semua yang terlibat tetap diwajibkan untuk mengenakan masker, penutup wajah, dan menjaga jarak antara satu dengan lainnya. Hal ini disamping untuk melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 juga untuk mengedukasi peserta lainnya dan / atau masyarakat agar senantiasa membudayakan pola hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO REDAKSI

Mulai saat ini, serial tulisan "Menjadi 'GOBLOK' Dalam Kesibukan" tayang juga di blog ini. Semua tulisan dalam serial ini diambil dari tulisan yang sama di catatan dan dinding facebook saya. Silahkan beri penilaian: Bermanfaat, Menarik, atau Menantang di bawah artikel yang sesuai. Bagi pengguna facebook masih tetap bisa membacanya melalui link: https://www.facebook.com/mr.yulitenan